Daftar Isi Seserahan Nikah Yang Harus Kau Siapkan

 


Pada acara pernikahan atau lamaran biasanya ada prosesi pemberian hantaran seserahan pernikahan. Budaya yang telah lama dijalankan semenjak dulu ini menjadi prosesi semestinya dalam tiap acara pernikahan.

Apa saja isi seserahannya?

Untuk soal isi seserahan mungkin masih banyak yang linglung sesungguhnya apa saja sih isi seserahan pernikahan dan apa saja item- item yang perlu dipersiapkan.

Yaudah langsung aja Sputnik kasih tau apa saja sesungguhnya isi seserahan pernikahan yang biasanya dibawa sebagai hantaran dari keluarga pria untuk sang wanita sebagai simbol bekal untuk kehidupan kelak sang wanita.

Peralatan Shalat / Ibadah

Sebagai bekal untuk sang wanita agar menjadi pendamping dan istri yang sholehah, karenanya sang pria umumnya senantiasa menyiapkan hantaran perlengkapan ibadah ini. Sebagai format dan simbol pengarahannya kelak terhadap sang istri. Untuk isinya diawali dari Mukena, sajadah, dan Al – Quran / Kitab suci.

Perlengkapan Mandi

Umumnya untuk kelengkapan mandi ini diawali dari sabun, shampo, handuk, shower puff, produk perawatan tubuh, dan wewangian.

Pakaian Dalam

Baju dalam juga menjadi isi seserahan pernikahan yang perlu disiapkan nih. Untuk isinya mulai dari satu set underwear, lingerie dan juga pakaian tidur. Melainkan untuk urusan membelinya biasanya sang wanita telah memilihkan barang – barangnya dan diserahkan terhadap sang pria untuk dihias ke dalam kotak seserahan agar lebih menawan.

Kelengkapan Makeup

Nah untuk perlengkapan yang satu ini umumnya sang wanita betul-betul concern nih, jadi biarkan para wanita yang memilihnya. Karena kecuali itemnya lumayan banyak dan belum tentu pria paham, lazimnya para wanita memiliki brand khusus yang berbeda – beda untuk tiap-tiap produk kosmetika yang digunakan. Jadi para pria sebaiknya kalian duduk manis saja untuk menyiapkan items yang satu ini.

Perhiasan

Seserahan pernikahan berupa Perhiasan ini memiliki makna bersinar dan penuh harapan. Akan namun untuk perhiasan menjadi seserahan yang bisa disepakati bersama sesuai dengan budget kalian . Sekiranya sang wanita menginginkan, dan pihak pria dapat menyanggupi karenanya hantaran perhiasan dapat menjadi isi seserahan pernikahan yang akan dikasih.

Kelengkapan Pesta

Perlengkapan pesta ini berjenis-jenis – macam isinya. Mulai dari kebaya da kain, heels, tas, dress, hingga jam tanggan.

Makanan & Buah-buahan

Sebagai bentuk hantaran ngga komplit rasanya tanpa ada makanan dan buah – buahan. Untuk sebagian kultur adat istiadat semisal betawi mesti menyiapkan roti buaya dan juga ada sebagian tradisi yang membawa makanan manis supaya garapan kehidupan calon pengantin kelak selalu manis.

Berapa kotak seserahan pernikahan yang perlu disiapkan?

Untuk jumlah kotak seserahan sebetulnya ngga ada ketentuan mesti. Semuanya dapat disesuaikan oleh kesepakatan bersama. Akan namun ada beberapa tradisi seperti Jawa yang umumnya memberikan kotak seserahan berjumlah ganjil (5, 7, 9, 11 )

Isi seserahan pernikahan ini sebenarnya ngga ada item wajib banget yang semestinya sama. Balik lagi seluruh isi seserahan pernikahan di dalamnya disesuaikan dengan budget kalian juga. Seserahan yang menjadi hantaran dari pihak pria ini lazimnya berisi barang-barang kebutuhan sang calon pengantin wanita, yang nantinya akan dipakai oleh sang wanita. Jadi dapat dibilang isi barang- barang seserahan pernikahan ini simbol bekal dikehidupan bagi sang wanita kelak.

Oh iya, seserahan pernikahan bukan hanya untuk wanita loh, tapi ada juga isi seserahan pernikahan pria yang biasanya menjadi prosesi simbolik tukar seserahan antar keluarga.

Untuk isi seserahan pria umumnya lebih simpel dan tak sebanyak isi seserahan wanita. Isi seserahan pria mulai dari parfum, dompet, baju kerja / formal, jan tangan, hingga sepatu. Tergantung sang wanita berharap memberikan apa saja karena sebenarnya isi seserahan untuk pria tak seharusnya.


Baca Artikel Terkait Tentang Barang Seserahan Lamaran

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15

Comments on “Daftar Isi Seserahan Nikah Yang Harus Kau Siapkan”

Leave a Reply

Gravatar